Mr eL, can I borrow cycle???

IMG_9410

Berikut adalah catatan El Maknun, Guide Putra yang mendampingi Student Program Kampung Inggris 9 (22 Juni-2 Juli 2015)

==============================================================

Waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB, it’s show time untuk tujuan utama ke depok yaitu menjadi guide student program kampung inggris EurekaTour, paket liburan yang diadakan rutin oleh biro perjalanan wisata EurekaTour wisata spesialis kampung inggris, paket liburan ini diadakan setiap liburan semester untuk siswa sekolah selama 10 hari untuk kursus bahasa inggris di kampung inggris Pare, Kediri. Tahun ini sudah angkatan yang ke- 9.

Sesuai scedhule dari EurekaTour pukul 10.00 untuk registrasi peserta Student Program (SP) 9. Disela-sela registrasi tak jarang orang tua wali yang mengantar banyak bertanya seputar kegiatan di kampung inggris, selama perjalanan berangkat, dan pulang kapan, dan hal hal lain. Diluar perkiraanku, ternyata tepat pukul 11.00 semua sudah selesai registrasi dan cek barang bawaan untuk dimasukkan bus. Ada dua peserta yang tidak ikut rombongan bus dari kampus UI Depok karena ada kepentingan dikeluarganya. Kemudian, pukul 11.45 sudah masuk sholat zhuhur semua peserta yang muslim aku instruksikan untuk sholat jama’ ta’dim zhuhur dan ashar. Selesai sholat, pukul 12.30 tepat bus berangkat menuju kampung inggris pare, kediri. Waktu perjalanan kurang- lebih 14 jam.

Selama perjalanan terlihat semua peserta SP 9 pendiam, hanya beberapa anak yang ngobrol dengan teman sekursi, itu hal wajar karena mereka belum saling kenal dan baru bertemu. Aku mencoba untuk friendly syukur Alhamdulillah mendapat respon. Dalam perjalanan bus istirahat dua kali, ketika buka puasa dan untuk sahur. Terlihat semua peserta SP 9 bisa menikmati menu di rest area, dalam hatiku bersyukur, tidak komen. Singkat cerita bus tiba di kampung inggris pare pukul 04.00 lebih cepat 3 jam dari jadwal dari EurekaTour, dan langsung disambut oleh Ms Ria kemudian diantar ke camp putri bagi peserta putri dan ke camp putra bagi peserta putri. Selesai urusan di camp semua peserta SP 9 aku instruksikan untuk sholat subuh berjamaah di masjid, selesai sholat aku persilahkan untuk istirahat, tapi ternyata dari lembaga kursus langsung memberi jadwal untuk mengikuti morning conversation, aku pun meng-iyakan karena aku lihat peserta SP 9 malah bercanda tidak nampak lelah karena perjalanan 14 jam.

05.00 waktu kampung inggris, let’s began to speak english….hari pertama peserta terlihat semangat dan tertarik untuk mengikuti latihan berbicara bahasa inggris morning conversation,

IMG_9318

Hello,,,”, tutor

Hello,,,” peserta SP 9

How are you?” tutor

How are you?” peserta SP 9

I’m fine, and you?” tutor

I’m fine, and you?” peserta SP 9

fine, thanks” tutor

fine, thanks” peserta SP 9

–           –           –           –           –           –           –           –

Kurang lebih 30 menit morning conversation selesai, dan aku instruksikan sekarang free time boleh mandi, istirahat, dan lain sebaginya.

Pukul 07.00 aku dan partner guide putri Ms Mega berkoordinasi dengan Ms Ria (DEC) tentang schedule yang akan dilaksanakan, hasilnya berbeda dengan yang diberikan dari EurekaTour, hari pertama langsung ada briefing dilanjutkan pre-test dari DEC dan langsung masuk season untuk seluruh peserta SP 9. Briefing, pre-test, dan season hari pertama berjalan lancar. Waktu sudah masuk buka puasa, semua peserta sudah menyantap makanan buka puasa terlihat menikmati semua, selesai buka aku instruksikan untuk segera sholat maghrib dan memberi pesan selesai sholat maghrib peserta putra SP 9 untuk berkumpul di camp putra ada beberapa info penting tentang kegiatan selama di kampung inggris.

Selesai sholat maghrib peserta putra SP 9 berkumpul di camp, di sini aku buat kegiatan untuk lebih saling mengenal dan mulai treatment ngomong inggris untuk memperkenalkan diri. Hasilnya mereka bisa mengikuti meskipun ada 4 anak yang masih malu-malu, hal wajar mungkin karena masih hari pertama. Dan dilanjutkan info kegiatan selama di camp, tentang aturan ngomong inggris, jam malam keluar, punishment bagi yang melanggar aturan. Dan memberitahukan kalau setelah sholat tarawih ada briefing part 2 dari EurekaTour yang akan diwakili Mas Arif. Adzan isya’ sudah terdengar, segera aku ajak semua untuk mengikuti sholat berjamaah isya’ dan sholat tarawih di masjid.

IMG_9364

Selesai sholat isya’ dan tarawih semua peserta SP 9 berkumpul di hall lembaga kursus DEC, acara langsung dibuka oleh Mas Arif sendiri, diawali dengan kata salam “Assalamu’alaikum Wr. Wb.” terdengar keren, dan terlihat sudah terbiasa menjadi public speaker, setelah Mas Arif memperkenalkan diri tentang dari mana asal dirinya, kemudian diawali bercerita tentang peserta SP angkatan sebelumnya, yang hari pertama tidak betah karena keadaan, dilanjutkan menjelaskan kegiatan selama di DEC yang harus menggunakan bahasa inggris 24 jam, membuat kesepakatan selama kursus, memberi arahan selama di camp tempat istirahat, dan diakhiri dengan memberi motivasi untuk mencapai mimpi yang dicita-citakan. Dari semua itu sepertinya aku juga dapat masukan banyak dari Mas Arif, meskipun tidak secara khusus. Akhirnya briefing part 2 selesai selanjutnya seluruh peserta SP 9 dipersilahkan kembali ke camp untuk istirahat dan besuk melanjutkan kegiatan.

02.45 aku terbangun karena alarm hpku yang sudah aku atur, inilah awal tugas hari ke-2 menjadi guide SP 9 untuk membangunkan makan sahur lanjut sholat tahajud dan sholat subuh berjamaah di masjid. Dan ternyata benar kata Mas Arif, butuh effort lebih ketika membangunkan, mungkin karena lelah perjalanan kemarin. And lucky me, ada tutor camp dari DEC yang membantu selama program kursus di DEC. Alhamdulillah, semua bisa bangun dan makan sahur lanjut lanjut sholat tahajud dan sholat subuh berjamaah di masjid, dan selesai itu semua dilanjutkan morning conversation hari ke-2. Setelah itu, waktu untuk bersih diri untuk persiapan season class yang dijadwalkan dari DEC. Ada 5 season dalam sehari. Terlihat hari ke-2 masih berjalan baik, harapanku semoga lancer sampai hari akhir.

IMG_9262

Disela-sela jam istirahat, semua peserta SP 9 bertanya “Mr eL, can I borrow cycle???”, dalam hatiku apakah mereka mulai merasa bosan. Dan aku iyakan, dan membantu mencari sewa sepeda. Mungkin dengan begitu mereka bisa refreshing dan kembali semangat untuk mengikuti season selanjutnya. Dan akhir hari-2 masih aman-aman saja, begitu juga sampai hari ke-3. Well done,,, eh, blum kali, masih ada hari selanjutnya.

Hari ke-3 beberapa peserta sudah mulai menunjukkan sikap bandel, untuk izin tidak ikut season, aku sebagai guide hanya bisa memberi semangat dan memastikan agar ikut season yang sudah dijadwalkan. Tetapi, ternyata sudah ada yang berani bolos, dan hasilnya punishment berjalan. Meskipun mereka banyak mengeluh tapi syukur mau mengerjakannya. Begitu juga hari ke- 4, ke- 5 dan juga hari ke- 6, dalam catatanku banyak yang sudah menerima punishment,

IMG_9348

Week end,,, hari ke- 7 di kampung inggris tidak ada season untuk peserta SP 9, dan mereka telah membuat rencana untuk jalan-jalan ke SLG (Simpang Lima Gumul) Kab. Kediri dan nonton bareng di bioskop golden Kediri. Surprise for me, pagi hari 07.30 tanpa aku instruksikan mereka sudah mandi, sudah ganteng, tinggal berangkat sesuai rencana, tampak mereka semangat sekali hari ini, mungkin sudah ditunggu-tunggu dari kemarin. Ketika kendaraan datang di camp, mereka langsung menuju mobil dan masuk tanpa aba-abaku, aku hanya tersenyum melihat polos dan kegembiraan semua peserta SP 9. Setelah memastikan semua naik kendaraan, sopir langsung aku komando untuk berangkat menuju SLG. Setibanya di sana mereka langsung berjalan ke tengah monument SLG dan berfoto-foto, terlihat gembira sekali, seperti burung yang dilepas dari sangkar. Setelah dirasa cukup di SLG, dilanjutkan menunju bioskop golden untuk nonton bareng Minions. Tanpa aku instruksikan mereka langsung inisiatif mengumpulkan uang untuk membeli tiket secara kolektif. Pukul 12.45 pintu teater sudah dibuka untuk jadwal pemutaran film ke-2, mereka langsung antri menuju pintu teater dan langsung masuk untuk nonton film tersebut. Kurang lebih 2 jam, film selesai masih ada waktu sebelum pulang ada beberapa peserta yang izin untuk belanja di mall untuk nanti di camp. Dirasa cukup, semua peserta langsung menuju parkir kendaraan dan kembali ke camp untuk istirahat.

Hari ke- 8 ada season seperti hari sebelumnya, dan hari ke- 9 untuk final exam untuk menguji seberapa besar peningkatan kemampuan yang sudah didapat ketika kursus. Ada beberapa test, yaitu grammar, speaking, dll. Ketika dilaksanakan, terlihat macam-macam raut muka, ada yang cemas, bingung, santai, dan biasa saja. Semoga hasil yang didapat memuaskan. Selesai final exam terlihat wajah-wajah lega, meskipun ada beberapa yang harap-harap cemas. Malam hari hasil sudah bisa dilihat, banyak yang nilai memuaskan, dan ada beberapa nilai yang cukup, tapi itulah hasil usaha mereka.

 

Hari ke-10 pagi hari, inilah jadwal untuk thanks giving semacam farewell party. Di situ peserta SP 9 membuat pertunjukkan, ada yang drama, cup song, dan speaker. Acara ini dimaksudkan untuk mengucapkan terima kasih kepada tutor-tutor selama kursus di DEC. Selesai thanks giving, siangnya berangkat menuju kota batu untuk buka bersama bersama anak panti asuhan dan wisata ke Batu Night Spectacular (BNS). Tiba di panti asuhan, peserta langsung disambut hangat oleh keluarga panti asuhan, ada acara tukar pengalaman, memberi kado ke anak panti asuhan, foto bersama, dan acara puncak buka bersama anak panti asuhan. Diluar dugaan, peserta SP 9 bisa bergaul dan langsung akrab. Selesai sholat maghrib, saatnya meninggalkan panti asuhan dan menuju ke BNS untuk bermain. Pukul 22.30 tepat pulang kembali menuju kampung inggris dan selamat istirahat untuk besuk perjalanan pulang.

Dan inilah hari ke-11, waktu untuk pulang kerumah, meninggalkan kampung inggris dan berpisah dengan teman-teman kursus. Pagi-pagi semua peserta sudah berkemas untuk pulang dan itulah hari terakhir mereka bercanda bersama. Pukul 12.00 bus sudah datang, semua diinstruksikan untuk menuju parkir bus dan membawa koper. Setelah semua koper masuk bagasi bus, semua diinstruksikan untuk masuk bus dan kemudian bus berangkat menuju JAKARTA. Last say, C U next holiday… 😀

One thought on “Mr eL, can I borrow cycle???

  1. Есть такая услуга – добровольное медицинское обслуживание (или ДМО).
    Она предполагает, что пациент вносит небольшую сумму за абонемент и ходит на прием весь год не платя за каждый прием.
    Однако соцопросы показали, что лишь 6% жителей Санкт-Петербурга знают о такой услуге.
    По какой причине?
    Да потому что частным клиникам выгоднее брать плату за каждый визит.
    А если какой-нибудь сотрудник клиники попытается рассказать про добровольное медицинское обслуживание клиенту – это сулит ему увольнением.
    Эта информация уже вызвала много возмущений, после того как информацию об услуге рассекретил один возмущенный врач.
    Его уволили , после того, как он посоветовал ДМО своему пациенту.
    Самое невероятное, что официальные положения по ДМО присутствуют в открытом доступе, просто натыкались на эту информацию единицы.
    Как отстоять свои права?
    О правилах оказания такой услуги и обязанностях частных клиник можно узнать, сделав запрос в Яндексе: “добровольное медицинское обслуживание”.
    И именно обслуживание, а не страхование.

    34j5c6h86

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *